Beranda » Portofolio » HMI (Human Machine Interface)

HMI (Human Machine Interface)

T Diposting oleh pada 13 March 2017

Human Machine Interface

• Human Machine Interface atau yang biasa disebut Man Machine Interface adalah piranti lunak antarmuka antara mesin atau plant dengan operator atau pengamat. Umumnya terdiri dari komputer pusat atau beberapa komputer terpisah berfungsi untuk memonitor dan mengontrol mesin, plant atau proses di sebuah pabrik.

• Tujuan pemakaian HMI adalah mengumpulkan dan menampilkan informasi dari proses pada plant. Selain itu HMI berguna sebagai sarana bagi operator untuk mengakses sistem otomasi di lapangan (operasional, perawatan & troubleshooting, pengembangan).

• Fitur-fitur yang terdapat dalam HMI biasanya adalah

1. Informasi Plant : Variabel proses, status peralatan, alarm, lup control, dan database.
2. Metode Presentasi : Grafik, report, animasi.
3. Peralatan : Keyboard, mouse atau pointing device lainnya, dan touchscreen atau CRT.

• Komponen yang diperlukan untuk membangun HMI :

1. Media Komunikasi : Media Kabel/Wire ( Ethernet dan Serial ) dan Media Radio/Wireless (Wifi, Modem GSM, Radio). Untuk pengontrolan jarak jauh yang paling baik digunakan adalah menggunakan Ethernet.
2. Hardware Komputer yang mempunyai spesifikasi minimal prosesor sekelas Pentium 200, hard disk kosong 500 MB, RAM 64 MB, adapter video SVGA SMB RAM, pointing device, dan telah terpasang adapter jaringan.
3. Software HMI ( Intouch Wonderware, RSView32, dll), dan OPC (TOP server, OPC Link,dll).

• Applikasi HMI pada umumnya tidak berhubungan langsung dengan peralatan yang dikontrol tetapi melalui perantara data server. Data server dapat berupa program OPC (OLE for Process Control) atau program Direct Driver khusus
yang dibuat khusus untuk satu controller/PLC tertentu.

• OPC merupakan standar industri untuk interkonektivitas system yang menggunakan teknologi Microsoft COM dan DCOM dalam pertukaran data pada satu atau lebih komputer dengan arsitektur client/server. OPC mendefinisikan setting umum interface. Sehingga aplikasi menerima data pada format yang sama persis meskipun sumber datanya berupa PLC, DCS, gauge, analyzer, aplikasi software atau yang lainnya.

• Keuntungan konektivitas dengan OPC adalah meminimalkan beban dengan meminimalkan data request, cepat dan mudah dalam implementasi, tidak membutuhkan banyak driver, dan meminimalkan biaya.

+ SIDEBAR

MORE INFO ?

December 2017
M T W T F S S
« Mar    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031